oleh

Rekam dan Cetak E-KTP Kecamatan Lama, Begini Jawaban Camat Pati

Pati, Mitrapost.com – Program rekam dan cetak KTP elektronik di Kecamatan Pati telah berjalan. Camat Kecamatan Pati Didik Rusdiartono mengungkapkan pihaknya kerap mendapat keluhan dari masyarakat perihal lamanya proses mencetak e-KTP.

Pasalnya bagi permohonan KTP karena rusak, hilang dan perubahan data digadang-gadang bisa langsung jadi dalam 1 hari kerja.

Baca juga: Video : 5 Kecamatan di Rembang Peroleh Penghargaan

Sedangkan untuk pemohon pemula, harus menunggu proses penunggalan, atau semacam validasi oleh Kementerian dalam Negeri RI, biasanya selama 1 hari.

Namun nyatanya warga harus menunggu berhari-hari untuk mendapatkan e-KTP tersebut.

Baca juga: Enam Camat Pati Positif Covid-19, Pemkab Lakukan Tracing

Camat Pati meminta agar warga memaklumi lantaran pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdugcapil) hanya memberikan kuota cetak 20 buah e-KTP perharinya.

lanjut Didik, setelah data masuk, pihak kecamatan harus menunggu validasi di tingkat Disdukcapil.

“Kendalanya di kami mungkin di validasi di Disdukcapil. Masyarakat menanyakan kok prosesnya lama tidak bisa sehari. Kita bisa lakukan cepat, 5 menit jadi, tapi kan harus menanti verifikasi di Disdukcapil, yang bikin lama itu,” kata Didik kepada Mitrapost.com, Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Dua Kecamatan di Pati Kidul Bakal Terima Dana Aspirasi Tiap Tahun dari DPRD Jateng

Didik berharap kendala tersebut dapat respons oleh pihak Disdugcapil, dan ada sosialisasi lebih lanjut di masyarakat terkait prosedur cetak dan rekam KTP melalui kecamatan karena sistemnya juga online.

“Sekarang kan di spanduk ada tulisan bisa cetak KTP di kecamatan tapi tidak ditunjukkan prosedurnya,” katanya.(*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait