Pengguna Instagram Keluhkan Engagement Turun, Berikut Penjelasannya

Mitrapost.com – Belakangan ini, sejumlah content creator mengeluh akibat menurunnya engagement akun Instagram milikinya. Mereka menduga hal ini diakibatkan oleh shadowban.

Fenomena shadowban ini tidaklah pertama kalinya terjadi. Istilah shadowban muncul sejak 2006 silam. Selain Instagram, istilah ini juga sempat digunakan oleh para pengguna Twitter.

Baca juga: Siaran TV Analog Bakal Dihentikan November 2022

Shadowban merupakan pembatasan distribusi unggahan. Hal ini terjadi karena pemilik platform sengaja membuat konten unggahan pengguna tidak bisa mudah ditemukan semua orang tanpa sepengetahuan pengguna.

Kasus yang terjadi di Instagram, unggahan dari kreator konten disembunyikan sehingga tak muncul secara luas di feed atau story beberapa pengguna lain.

Baca Juga :   Lebih Berbahaya? 5 Fakta Tentang Mutasi Virus yang Santer Diperbincangkan

Baca juga: Twitter Hadirkan Fleets Mirip Instagram Stories

Misalnya, pengunggah menggunakan tagar tertentu dalam unggahannya dan kemudian dicari oleh akun yang tidak mengikutinya. Maka, akun yang belum menjadi follower tersebut tidak akan menemukan unggahan dari si pengunggah tadi meskipun akun bersifat publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati