Ragam Khasiat Nanas, Kaya Antioksidan Pencegah Kanker

Baca juga: Khasiat Mangga Cegah Penuaan Bikin Awet Muda

  1. Mengurangi risiko kanker

Perkembangan sel kanker biasanya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya, seperti bromelain, dapat meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan sehingga mengurangi risiko kanker.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Nanas telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad. Buah ini mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan.

Baca juga: Manfaat Buah Nangka, Bisa Jaga Gula Darah

  1. Meringankan gejala arthritis

Kandungan bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi, dalam nanas disebut dapat meredakan nyeri bagi penderita radang sendi atau arthritis. Namun, tidak jelas apakah bromelain dapat menjadi pengobatan jangka panjang untuk gejala radang sendi. Diperlukan penelitian lebih lama sebelum merekomendasikan bromelain untuk meredakan gejala radang sendi.

  1. Mempercepat pemulihan setelah operasi

Sifat anti-inflamasi bromelain dapat mengurangi peradangan, bengkak, memar, dan nyeri yang sering terjadi setelah operasi. Olahraga berat juga dapat merusak jaringan otot dan menyebabkan peradangan di sekitarnya. Otot yang terkena tidak dapat menghasilkan tenaga sebanyak itu dan terasa nyeri hingga tiga hari. Protease seperti bromelain diyakini mempercepat pemulihan kerusakan yang disebabkan oleh olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak.