oleh

Sekitar 30 Persen Pemudik Akhir Tahun Menuju Jateng

Klaten, Mitrapost.com Korps Lalu Lintas Polri memperkirakan 30 persen pemudik libur tahun 2021 bertujuan ke Jawa Tengah.

“Evaluasi mudik akhir tahun, kita mesti antisipasi karena mudik yang paling banyak tujuannya itu ke Jawa Tengah. Penelitian Kementerian Perhubungan 30 persen mudik lokal tahun baru menuju Jawa Tengah,” ungkap Kepala Korlantas Polri Irjen Istiono.

Hal ini disampaikan Istiono kepada wartawan usai meninjau dapur umum Korps Brimob dan penyerahan bantuan pengungsi Gunung Merapi di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (29/12/2020).

Istiono megatakan perlu adanya antisipasi terhadap kerumunan mengingat banyaknya jumlah pemudik ke Jawa Tengah.

Baca juga: Lelah di Perjalanan Mudik, Baca Doa Ini saat Istirahat

Oleh sebab itu pihaknya menegaskan agar masyarakat menjaga ketat protokol kesehatan serta harus menghindari kerumunan.

“Hindari kerumunan. Protokol kesehatan harus dijaga ketat karena kapan berakhirnya pandemi Covid kita tidak tahu, dan harus kita cegah karena ada informasi baru tentang peningkatan kasus,” sambung Istiono.

Tak hanya itu, untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 Polri juga menggelar tes Covid-19 secara acak di titik tertentu area publik. Seperti di rest area, tempat wisata dan kerumunan lain.

“Tidak ada penyekatan, yang kita gelar di jalan itu random test di rest area titik tertentu. Di rest area dari Jawa Tengah sampai Jawa Timur 70 titik dan di titik tertentu wisata ada PCR antigen,” papar Istiono

Lebih lanjut dikatakan Istiono, random test Covid-19 yang disiapkan sebanyak 20.000 tes bekerjasama dengan BNPB. (fp)

Baca juga: Tetap Libur Akhir Tahun, Tapi Tetap Ketat Patuh Protokol Kesehatan

 

Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul ‘Kakorlantas Polri: 30% Mudik Lokal Tahun Baru Menuju Jateng.’

Komentar

Berita Terkait