Antisipasi Laka Laut, Nelayan Jepara Diimbau Melengkapi Kapal dengan Radio Maritim

Baca juga:Hadapi Pandemi dan Cuaca Buruk, Begini Harapan Nelayan Rembang

Oleh sebab itu, dengan adanya pesawat radio bisa mempermudah saat meminta bantuan kepada kapal laut yang lokasinya paling dekat dengan kapal nelayan yang mengalami permasalahan di laut.

Hal demikian, kata dia, sudah sering terjadi karena penyelamatan yang paling pertama biasanya dari kapal yang melintas dan lokasinya paling dekat dengan kapal yang mengalami kecelakaan. Memberikan pertolongan merupakan kewajiban bagi kapal di laut karena pelanggaran atas hal itu bisa dijatuhi sanksi.

“Alat komunikasi yang satu ini sangat bermanfaat dalam situasi darurat. Bahkan ada pihak penjaga pantai yang selalu memantau situasi laut selama 24 jam melalui pesawat radio,” ujarnya.

Baca Juga :   Hanyut saat Melaut, Seorang Nelayan Hilang di Perairan Utara Batang

Baca juga: Pergi Melaut, Nelayan Asal Desa Karangaji Diduga Hilang di Perairan Karimunjawa

Ia menilai belum semua kapal nelayan di Kabupaten Jepara yang melengkapi kapalnya dengan pesawat radio maritim dengan standar marine VHF radio. Informasi sebelumnya memang ada bantuan alat tersebut untuk nelayan, namun belum ada yang mendaftarkan diri untuk operatornya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati