Bupati Blora Dukung Kesetaraan Gender Melalui Raperda PUG

“Secara pribadi, saya sangat mendukung usulan tersebut agar keadilan dan kesetaraan gender di Kabupaten Blora mendapatkan kepastian hukum,” ucapnya.

Baca juga: GOW Kudus Ajak Orang Tua Berperan dalam Mencegah Pernikahan Dini

Sebagaimana dituangkan dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender, Pemerintah Kabupaten Blora juga telah menindaklanjui amanat tersebut dengan menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Blora.

Sementara itu, Ketua DPRD Blora yang diwakili Wakil Ketua DPRD, Mustofa, menyatakan kesiapannya untuk membahas raperda PUG.

“Segera saja diajukan drafnya nanti, agar bisa segera kita bahas bersama. Kami siap dan berkomitmen mendukung program PUG di Kabupaten Blora,” respons Mustofa.

Baca Juga :   Permudah Penyaluran Energi, Bupati Blora Dukung Program Pertashop

Baca juga: Ketua TP PKK Blora Tegaskan Peran Perempuan dalam Membangun Daerah

Kepala Dinsos P3A Kabupaten Blora, Indah Purwaningsih, menyampaikan bahwa Penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang dilaksanakan hari ini adalah penilaian dari sisi perencanaan dan penganggaran tahun 2020.  Hal ini mengakomodasi kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki untuk menjamin agar perempuan dan laki-laki mendapatkan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat yang sama dalam pembangunan.