oleh

Dinkop Pati Belum Akan Buka Pendaftaran Baru BPUM Dalam Waktu Dekat

Pati, Mitrapost.com – Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) Kabupaten Pati mengonfirmasi bahwa program Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro berlanjut (BPUM) atau biasa disebut BLT UMKM tahap tiga berlanjut tahun ini.

Selain nominalnya yang dikurangi Dinkop UMKM juga mengonfirmasi bahwa dalam waktu dekat belum akan membuka pendaftaran calon penerima baru.

“Masih berlanjut di 2021, tapi tidak sama besarannya. Dulu 2,4 juta sekarang 1,2 juta,” kata Kabid UMKM Dinkop UMKM Pati, Hendri Kristianto kepada Mitrapost.com, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Video : Dinkop UMKM Pati: Penyaluran BPUM Ditutup Akhir Januari 2021

Lebih lanjut, Kris mengatakan pihaknya belum akan membuka pendaftaran baru karena pada tahap ini pemerintah akan mendahulukan penyaluran bantuan kepada peserta usulan yang belum sempat mendapatkan bantuan pada tahap satu dan dua.

“Masih jutaan sambil menunggu itu, nanti akan diinformasikan kapan membuka pendaftaran baru. Diutamakan pendaftar yang belum mendapat kemarin,” imbuh Kris.

Kendati demikian, masih ada kemungkinan pemerintah akan membuka kembali usulan penerima BPUM pada tahap selanjutnya.

Baca juga: Dinkop UMKM Pati: Penyaluran BPUM Tutup Akhir Januari 2021

“Kita nunggu surat dari pusat. Untuk kapan dan sampai kapan kami belum bisa memastikan. Kota-kota di Jawa Tengah yang lain juga belum,” katanya.

Tentunya pendaftar akan disaring diutamakan kepada pelaku UMKM yang belum mendaftar BPUM di tahun 2020.

Rencananya, BPUM Pada tahap ini akan diberikan kepada 12,8 juta pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Kabarnya pelaku UMKM penerima BPUM di tahun 2020 masih bisa mengajukan diri dan mendapat bantuan pada periode 2021.

Bagi warga Pati yang akan mendaftar pada tahap selanjutnya, berikut syarat sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Diantaranya, pemohon harus warga asli Indonesia, memiliki KTP elektronik, memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat isulan calon penerima BPUM dari pengusul beserta lampirannya, bukan ASN, Anggota Polri/TNI atau karyawan BUMN/BUMD, dan ridak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR). (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Komentar

Berita Terkait