oleh

Harga Kedelai Impor Menyamai Harga Kedelai Lokal di Pati

Pati, Mitrapost.com – Harga kacang kedelai impor saat ini setingkat dengan harga kedelai lokal. Hal tersebut ditemui di level pasaran di Kabupaten Pati.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Kun Saptono menjelaskan bahwa harga kacang kedelai Kabupaten Pati di level pasaran mencapai Rp11.000.

Bpkad Pati

“Harga kacang kedelai lokal biji kering di pasar menyamai harga kedelai impor,” imbuh pria yang akrab disapa Kun saat dihubungi Mitrapost.com, Selasa (14/9/2021).

Sedangkan harga kacang kedelai di level petani Pati berkisar Rp9.500 sampai dengan Rp10.000. Data ini diperoleh dari Pemantauan Harga Pangan Nasional pekan ini.

Kun mengungkapkan bahwa pada musim panen kedelai tahun ini di Pati memenuhi target harga yang ditetapkan oleh Dispertan Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Pra Porprov Jateng Ditunda, Beri Dampak Pada Atlet di Pati 

Sebelumnya, kondisi harga kedelai di level petani mengalami penurunan yang signifikan di bawah Rp8.000. Namun, kini petani bisa tersenyum lantaran harga kacang kedelai telah melampaui target.

Sedangkan jika dibandingkan pada musim panen sebelumnya, harga kacang kedelai di Pati masih stabil di angka Rp10.000 sampai dengan Rp11.000.

Dirinya mengurai pada tahun ini, Indonesia telah mengimpor kedelai sebanyak Rp2,6 juta ton untuk memenuhi kebutuhan kedelai dalam negeri. Kedelai impor mempunyai tekstur yang mudah dibentuk sehingga lebih diminati oleh pengerajin olahan kedelai.

Meningkatnya permintaan kedelai di tengah kebutuhan masyarakat membuat komoditas kedelai lokal mampu menyamai harga kedelai impor. (*)

Komentar

Berita Terkait