Hidup Sehat Ala Penyintas Covid-19

5. Jauhi alkohol dan rokok

Mengonsumsi alkohol diketahui dapat merusak organ tubuh, terutama hati. Hal tersebut dapat emicu munculnya gangguan pada jantung, seperti gangguan irama jantung, peningkatan tekanan darah, melemahnya otot jantung, hingga meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan kanker.

Selain itu, rokok juga dapat meningkatkan risiko penyintas Covid-19 terkena berbagai penyakit, seperti stroke, masalah kesuburan, penyakit jantung, dan gangguan pada paru-paru, misalnya kanker paru-paru.

6. Menjaga protokol kesehatan

Selama risiko penularan masih ada, maka risiko infeksi ulang masih tetap mengintai. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga protokol kesehatan. Pasalnya sistem imun penyintas sudah pernah diserang sehingga perlu lebih meningkatkan kekebalan imunitas supaya tidak terserang Covid-19 yang kedua kalinya.

Baca Juga :   Sampat Sakit, Wabup Rembang Bayu Andriyanto Disuntik Vaksin Hari Ini

7. Sukseskan vaksinasi

Penyintas yang belum divaksinasi memiliki risiko 2 sampai 3 kali lebih besar mengalami infeksi ulang. Vaksin akan memproteksi diri, terutama dari risiko sakit berat atau kematian karena Covid-19. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati