Jelang Musim Hujan, Waspadai Penyakit DBD

Temanggung, Mitrapost.com – Menjelang musim penghujan, Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung meminta masyarakat mewaspadai potensi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pada bulan September, di kabupaten Temanggung sudah ditemukan lima kasus penderita DBD. Oleh karena itu, Dinkes Temanggung mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sebagai langkah pencegahan agar terhindar dari DBD.

“Kita harus tetap menjaga kebersihan agar terhindar dari demam berdarah, karena kami menemukan ada lima kasus DBD di Temanggung. Kelima penderita itu sempat dirawat di rumah sakit, dan alhamdulilah sekarang sudah sembuh,” kata Sekretaris Dinkes Temanggung, Dwi Sukarmei (29/9/2021).

Sebagai upaya pencegahan penyakit demam berdarah tersebut, dengan menggandeng petugas Puskesmas dan kader desa, Dinkes gencar melakukan sosialisasi gerakan 3M, yakni menguras air di penampungan, menutup rapat tempat penampungan air, dan mengubur atau memanfaatkan kembali barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.