Diresmikan oleh Jokowi pada 2015, Berikut Sejarah Peringatan Hari Santri Nasional

Di antara poin penting yang tertuang dalam Resolusi tersebut menyebut bahwa membela tanah air dari penjajah hukumnya fardhu ‘ain atau wajib bagi setiap individu dan yang membela penjajah menjadi kafir.

Penetapan Hari Santri Nasional bertujuan meneladani semangat jihad yang digelorakan kepada para santri untuk senantiasa menjaga keutuhan NKRI, sesuai dengan amanat dan semangat yang diajarkan para ulama.

Selain itu, ada aspek lain yang melatarbelakangi penetapan Hari Santri Nasional ini, yaitu pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI.

Beberapa tokoh ulama dan santri yang menjadi pejuang kemerdekaan Indonesia diantaranya pendiri NU KH Hasyim As’yari, pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan, pendiri Persatuan Islam atau Persis A Hassan, pendiri Al-Irsyad Ahmad Soorhati dan Pendiri Matlaul Anwar yakni Mas Abdul Rahman. (*)

Baca Juga :   Presiden Jokowi Pastikan Stok Beras Nasional Tercukupi

 

 

Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan judul “Sejarah Hari Santri Nasional 22 Oktober, Diresmikan Presiden Jokowi pada Tahun 2015”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati