oleh

3 Kapal Nelayan RI Dibakar Australia, Menteri Kelautan Tak Mampu Hentikan

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com– Tiga kapal nelayan RI dibakar Australia, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan bahwa kapal nelayan RI dibakar lantaran ketahuan melakukan kegiatan penangkapan teripang ilegal.

Trenggono mengatakan tidak dapat berbuat apa-apa karena hal tersebut telah menjadi kebijakan hukum Australia.
“Terhadap yang terjadi di Australia karena itu wilayah teritorial Australia punya kebijakan bahwa kapal (ilegal) yang ditangkap itu dibakar. Nah itu wilayahnya Australia, kita tidak bisa apa-apa,” kata Trenggono di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (11/11/2021).
Trenggono mengungkapkan setiap negara mempunyai kebijakan hukum tersendiri untuk menangani nelayan yang melanggar hukum.

“Sama juga kalau misalnya kita (Indonesia) menangkap kapal ilegal, orangnya kita tahan, lalu kita kembalikan setelah diproses hukum, kemudian kapalnya kita ambil alih. Kalau di masa yang lalu itu ditenggelamkan, kalau masa sekarang tidak, kita ambil alih kapalnya kemudian kita serahkan kepada kejaksaan,” jelasnya.

Baca Juga :   Modus Endorse, Polisi Masih Dalami Adanya Korban Lain Kasus Pelecehan

“Apabila sudah inkracht oleh kejaksaan, kita coba untuk kita minta, kita akan sumbangkan kepada nelayan tradisional di zona fishing industry,” tambahnya.

Trenggono mengatakan program patroli bersama (joint patrol) dengan Pasukan Perbatasan Australia (ABF) akan terus berlanjut untuk meningkatkan keamanan daerah perbatasan.

“Namun demikian kita tetap menjalankan program joint patrol antara Indonesia dengan Australia dan itu ditanggung oleh Jenderal PSDKP (Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan),” tuturnya.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa tiga kapal nelayan Indonesia dibakar di Kawasan konservasi the Rowley Shoals Marine Park, lepas pantai utara Australia Barat, pada Senin (8/11). (*)
Artikel ini telah tayang di Detik Finance dengan judul “Australia Bakar 3 Kapal Nelayan RI, Trenggono: Kita Tidak Bisa Apa-apa”

Baca Juga :   Kasus Pembunuhan Dalang Usai, Berkas Perkara Dilimpahkan ke Kejari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar