Potensi Cuaca Ekstrem Pertengahan Juni-Juli, Relawan Diminta Terus Siaga

“Hari ini kreatif, kapal rusak saja bisa mengapung lagi, antibocor. Ternyata dalamnya dikasih busa, itu kreatif, ini cara-cara yang bisa dipakai,” ujarnya.

Ganjar juga menyambut baik sejumlah inovasi yang dipamerkan dalam latihan gabungan tersebut. Seperti kekuatan desa yang bisa digerakkan, mulai mengolah makanan, limbah, UMKM, termasuk pengelolaan sampah yang diolah menjadi energi untuk bahan bakar.

“Jadi BPBD atau relawan ini punya spektrum bekerja yang jauh lebih luas. Kalau kita latih terus, kita dampingi terus, siaga terus, maka mereka akan siap diterjunkan,” beber gubernur.

Ganjar juga sempat menantang para relawan untuk membantu pemerintah yang akan membuat sumur resapan di rumah yang berada di wilayah rawan bencana.

Baca Juga :   Sambut Hari Jadi Kudus, Pemkab Kudus Gelar Zikir dan Sholawat

“Bukan di bawah tapi di atas. Setelah kita bicara dengan para ahli, terkait kondisi banjir yang banyak, sekarang kita lagi menyiapkan untuk mendesain. Kalau ada yang membuat dua-tiga di atas, maka sebenarnya banyak sekali usaha-usaha atau ikhtiar yang bisa kita lakukan di samping reboisasi,” tandasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati