Siaran TV Analog Berakhir Hari Ini! Inilah Kelebihan TV Digital

Set top box ialah perlengkapan bantu untuk menangkap siaran digital supaya bisa diterima oleh pesawat Televisi analog.

  1. Keuntungan Beralih ke TV Digital

Migrasi siaran televisi analog ke digital atau Analog switch off bisa menghemat pita frekuensi hingga 112MHz. Ketersediaan frekuensi setelah migrasi siaran dari televisi analog ke digital juga akan berdampak pada persiapan adopsi jaringan 5G di Indonesia. Masyarakat bisa mendapatkan jaringan internet yang sangat cepat dengan 5G.

Melalui TV digital, masyarakat akan mendapat manfaat berupa kualitas siaran gambar dengan resolusi tinggi dan suara yang lebih jernih. Tidak hanya itu, pilihan saluran televisi juga tersedia lebih banyak. Masyarakat bisa menikmati manfaat tersebut secara gratis, karena proses digitalisasi penyiaran ini tidak berbayar (free to air/FTA).

  1. Kelebihan

  • Menghemat Penggunaan Pita Frekuensi

Penyiaran TV analog menggunakan frekuensi 700 Mhz. Spektrum ini sifatnya terbatas. Sedangkan penggunaan TV Digital bisa menghemat pita frekuensi hingga 112MHz.

  • Tontonan yang Semakin Beragam

Di Indonesia, sudah banyak tersebar kanal-kanal televisi online yang tersedia di berbagai platform. Kanal-kanal tersebut menawarkan berbagai program acara, mulai dari olahraga, gelar wicara (talk show), hingga serial sinema.