Ada Empat Permasalahan Apabila RUU Cipta Kerja Tidak Disahkan

Semarang, Mitrapost.comSamsul Arifin, seorang Ekonom Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara mengungkapkan bahwa akan ada ada empat permasalahan nyata yang bisa terjadi apabila RUU Cipta Kerja tidak disahkan.

“Jika RUU Cipta Kerja ini tidak segera diberlakukan, ada empat permasalahan nyata yang bisa terjadi. Lapangan kerja jelas akan pindah ke negara yang lebih kompetitif. Daya saing pekerja kita akan relatif lebih rendah. Jumlah penduduk yang menganggur juga akan sangat banyak, dan Indonesia akan terus terjebak dalam middle income trap,” kata Samsul dalam diskusi bertajuk ‘Solusi Bangkitkan Ekonomi di Pantura Pasca Pandemi’, Selasa (1/9/2020).

Menurutnya, ada tujuan besar yang perlu dicapai Indonesia pada tahun 2045 dan ini harus dilakukan dengan langkah-langkah kecil yang strategis. Regulasi dan perizinan harus diharmonisasi dan disimplifikasi. Investasi yang berkualitas juga harus diciptakan beriringan dengan penciptaan lapangan kerja berkualitas dan kesejahteraan pekerja yang berkelanjutan.