oleh

Persiapan Debat, KPU Rembang Tunjuk Panelis dan Moderator

Rembang, Mitrapost.com – Rangkaian kontestasi Pilkada Rembang akan melangkah ke babak debat kandidat sebelum acara berlangsungnya acara pemilu Desember mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang sudah menetapkan 1 moderator dan 5 orang panelis dalam Debat yang bakal digelar pada 27 November.

Debat yang mengusung tema “Memajukan Daerah Sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” bakal dimoderator oleh Dosen Ilmu Komunikasi Fisipol UGM Yogyakarta, Nyarwi Ahmad.

Baca juga: Video : Jelang Pilkada Rembang 2020, Masyarakat Minta Netralitas Bawaslu dan ASN

Komisioner KPU Kabupaten Rembang, Zaenal Abidin, mengatakan lima panelis yang bertugas membuat pertanyaan di antaranya, Abdul Kohar Mudzakir dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip, Dian Agus Widiarso dari Fakultas Teknik Undip, Budi Adi Kristanto dari Fakultas Peternakan dan Perikanan Undip, kemudian Muhammad Nanang Qosim dari IAIN Surakarta dan Ahnaf Kustanto selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Wonosobo.

Sedangkan dalam penjelasan pemilihan ketua Pokdarwis, mempunyai alasan tersendiri karena sektor pariwisata di Kabupaten Rembang mulai menggeliat.

Baca juga: Hafidz – Hanies Panen Dukungan Hadapi Pilkada Rembang

“Rencana awal 5 orang semua dari akademisi, tapi setelah berkoordinasi dengan pihak pasangan calon, mereka menghendaki ada dari kalangan profesional. Makanya kita pilih dari Ketua Pokdarwis Wonosobo. Semua tentu menyesuaikan dengan waktu mereka,” tuturnya, Selasa (24/11/2020).

Setiap panelis, kebagian membuat 3 soal. Mereka wajib hadir ke Rembang pada hari pelaksanaan, untuk menyerahkan soal. Setelah itu, panelis diperbolehkan melihat debat. Apakah menyaksikan langsung atau melalui media, tidak ditentukan secara rinci.

“Siang hari panelis datang, malamnya debat pasangan calon. Soal-soal yang menyusun dari panelis. Tapi saat debat kan nggak bisa dibaca semua soal-soal itu, karena pertanyaannya diundi,” imbuh Zaenal.

Baca juga: Netizen Usulkan Dua Nama Wanita di Pilkada Rembang

Zaenal Abidin menambahkan untuk lokasi debat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati akan berlangsung pada Jum’at malam (27/11/2020) mulai pukul 19.00 WIB di aula utama Hotel Pollos Rembang.

Nantinya, masing-masing pasangan calon hanya boleh didampingi maksimal 4 orang tim kampanye. Selain itu, di dalam ruangan debat, terdapat 5 orang komisioner KPU dan 2 orang perwakilan Bawaslu.

Baca juga: Video : KPU Rembang, Lakukan Pelipatan dan Penyotiran Surat Suara Pilkada Hari Ini

“Kenapa Hotel Pollos, karena sarana prasarana di sana memadai, termasuk sound system. Khusus tamu undangan, sudah ada petunjuk teknis KPU. Nggak bisa sembarangan,” ungkapnya.

Debat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, nantinya dibagi menjadi 5 sesi. Sesi pertama pemaparan visi misi calon, sesi kedua pertanyaan dari moderator yang disusun panelis dan pasangan calon boleh menanggapi jawaban pasangan calon lain, sesi ketiga pertanyaan dari moderator yang dibuat panelis dan pasangan calon bisa saling menanggapi maupun menyanggah, sesi keempat pasangan calon mengajukan pertanyaan ke pasangan calon lain, sekaligus menjawab dan menyanggah, serta sesi kelima penutup. Setiap pasangan calon menyampaikan materi tentang Pilkada damai dan bebas Covid-19.

Baca juga: Pemkab Rembang Ajak Persatuan Bela Diri Wujudkan Pilkada Aman dan Damai

Siaran debat pasangan calon akan disiarkan langsung serentak oleh 5 radio, salah satunya Radio R2B 98,4 FM dan siaran ulang JTV pada hari Minggu (29/11/2020) pukul 14.30 WIB.

Terakhir, Zainal Abidin mengungkapkan bahwa debat publik pasangan calon Pilbup Rembang adalah bentuk fasilitasi kampanye dari KPU Kabupaten Rembang.

“Bertujuan agar visi, misi dan program masing-masing pasangan calon bisa tersebarluaskan secara masif kepada masyarakat pemilih,” tutupnya. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait