Corona Belum Berakhir, Pemerintah Perpanjang Bansos Tahun 2021

Mitrapost.com Pandemi virus corona hingga akhir tahun 2020 masih belum tertangani secara tuntas. Indonesia masih memiliki risiko tinggi penyebaran Covid-19. Oleh sebab itu pemerintah juga menyiapkan dana dengan total Rp 408,8 triliun dari APBN untuk pelaksanaan program perlindungan sosial dari Covid-19 tahun 2021.

Tentunya dalam rencana tersebut bakal ada program bantuan sosial yang akan dilanjutkan di tahun 2021. Bahkan Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar anggaran belanja untuk bansos segera direalisasikan sejak awal tahun.

Berikut ini adalah program bansos yang dilanjut pada tahun 2021

Program Keluarga Harapan (PKH)

Pemerintah melalui Kementrian Sosial telah berkomitmen bakal mempercepat pencairan bantuannya dari setiap tiga bulan menjadi setiap bulan per keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca Juga :   Dewan Pati Kecam Perangkat Desa Gunakan Data Lama Untuk Bansos 2022

Kepesertaan PKH jug diperluas dari 9,2 juta KPM, menjadi 10 juta KPM dengan jumlah anggaran tahun 2021 sebesar Rp30,4 triliun.

Baca juga: Program Bansos Kuota Gratis Bakal Diganti Kuota Murah

Program Sembako/Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Jumlah penerima BPNT juga diperlebar dari semula 15,2 juta KPM menjadi 20 juta KPM Program Sembako di tahun 2020. Tahun 2021, kepesertaan BPNT ditetapkan sebanyak 18,5 juta KPM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati