oleh

BMKG Peringatkan Adanya Cuaca Ekstrem Hingga 7 Januari di Jateng

Mitrapost.com Sejumlah wilayah di Jawa Tengah bakal mengalami cuaca ekstrem pada periode 5-7 Januari.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah Raharjo mengatakan berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan masih adanya konvergensi akibat sirkulasi siklonik di Selatan Pulau Sumatera yang berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Jawa Tengah.

“Selain itu beberapa hari kedepan potensi masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas,” ujarnya Achadi, Selasa (5/1/2021).

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG Ahmad Yani Semarang memperkirakan dalam periode 3 hari tersebut potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir, dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah.

Baca juga: Hujan Lebat di Rembang, Sejumlah Titik Terjadi Banjir

Untuk tanggal 05 Januari 2021, potensi cuaca ekstrem diperkirakan ada di Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Cilacap Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Semarang, Salatiga, Boyolali, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, Surakarta, Jepara, Kudus, Pati, Blora dan sekitarnya.

“Lalu tanggal 06 Januari 2021, potensi cuaca ekstrem ada di Magelang, Temanggung, Banyumas, Cilacap, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Salatiga, Kota/Kab. Semarang, Brebes, Cilacap, Klaten, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Blora dan sekitarnya,” imbuhnya.

Baca juga: Ada Dua Bibit Siklon Tropis, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Gelombang Tinggi

Tanggal 07 Januari 2021, cuaca ekatrem diperkirakan ada di Kendal, Batang, Temanggung, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegaran, Wonosobo, Brebes, Tegal, Pemalang, Magelang, Salatiga, Semarang, Boyolali, Sragen, Karanganyar dan sekitarnya.

“Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, jujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” katanya. (fp)

Baca juga: Akibat Longsor dan Tanah Bergerak, 95 Rumah Warga Desa Bodas Rusak

 

Artikel ini telah tayang di Ayosemarang.com dengan judul ‘Jateng Berpotensi Dilanda Hujan Lebat dan Angin Kencang 3 Hari ke Depan.

 

Komentar

Berita Terkait