Keajaiban Soda Kue untuk Keperluan Rumah Tangga

Mitrapost.com – Kebanyakan orang lebih mengenal baking soda sebagai salah satu bahan untuk membuat kue dan roti. Baking soda atau dikenal juga soda kue berfungsi sebagai pengembang, hal ini karena saat baking soda bereaksi dengan asam, gas karbon dioksida yang dihasilkan akan membuat adonan mengembang. Rupanya reaksi kimia ini juga efektif mengangkat kotoran yang menempel pada benda-benda di rumah serta keperluan rumah tangga lainnya.

Membersihkan peralatan dapur

Bekas minyak yang menempel pada peralatan makan seperti piring dan peralatan dapur seperti wajan cukup susah untuk dihilangkan. Namun soda kue rupanya bisa digunakan untuk menghilangkan noda minyak, sebab soda kue dapat melarutkan minyak dan lemak yang menempel pada peralatan tersebut.

Baca Juga :   Mempunyai Kandungan Kaya Nutrisi, Beragam Manfaat Tauge Bagi Kesehatan

Caranya cukup dengan mengoleskan soda kue menggunakan spons pada bagian wadah yang kotor, lalu rendam dengan air panas semalaman.

Sedangkan untuk menghilangkan noda gosong pada wajan cukup dengan menaburkan soda kue pada bagian wajan yang menghitam, kemudian disiram dengan air, lalu didihkan. Diamkan wajan sampai keesokan harinya, lalu bersihkan.

Baca juga: Cepat Rusak, Sadari Kebiasaan Buruk Memperpendek Umur Laptop

Membersihkan area kamar mandi

Kamar mandi merupakan tempat yang cukup lembap sehingga mudah menimbulkan lumut, selain itu noda sabun juga bisa menimbulkan kerak sehingga membuat area kamar mandi terlihat kotor.

Nah, baking soda bisa dimanfaatkan untuk membersihkan lumut dan kerak kamar mandi. Gunakan spons basah yang sudah ditaburi soda kue lalu gosokkan pada permukaan lantai dan dinding kamar mandi. Setelah itu siram dengan air hingga bersih.

Baca Juga :   Tahun Baru di Rumah, Lakukan Kegiatan Berikut Agar Tak Jenuh

Baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan kloset atau wastafel akibat kotoran yang menempel. Tuangkan setengah cangkir soda kue dan setengah cangkir cuka ke dalam lubang saluran. Tutup rapat lubang saluran, pastikan tidak ada sedikitpun udara yang masuk. Setelah didiamkan selama lima menit, kemudian siramkan air panas ke dalamnya.

Baca juga: Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini, Bantu Cegah Penuaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati