Rembang Thrift Market, Kurangi Limbah Manfaatkan Pakaian Bekas

Rembang, Mitrapost.com – Sekelompok pemuda yang tergabung dalam komunitas Rembang Thrift Market (RTF) menggelar even Rembang Thrifting Market (RTM). Acara tersebut digelar sejak Senin, (5/4/2021) dan direncanakan akan ditutup pada Minggu, (11/4/2021) mendatang.

Sesuai dengan namanya, RTM ini merupakan even yang digelar RTF untuk menjual pakaian-pakaian bekas dari berbagai merk. Dijelaskan oleh Febrianto (21) selaku penggagas sekaligus pegiat komunitas RTF, thrifting sendiri merupakan tindakan membeli barang bekas, dalam hal ini adalah pakaian, yang masih layak pakai.

Tindakan ini bertujuan untuk menghemat pengeluaran. Selain itu, dijelaskan Febrianto bahwa thrifting diharapkan sedikit banyak bisa berandil dalam aspek ekologis. Dalam hal ini yakni mengurangi limbah tekstil.

Baca Juga :   Lantik 29 Pejabat Fungsional, Bupati Rembang: Harus Gigih

“Daripada dibuang, jadi limbah, mending dijual lagi,” ujarnya.

Baca juga: Angka Kematian Ibu Melahirkan di Rembang Meningkat

Febrianto menceritakan alasan RTF berdiri salah satunya karena memang di luar Rembang sudah banyak even-even semacam itu, sedangkan di wilayah Rembang masih belum ada. Maka momen pandemi ini dimanfaatkan Febrianto untuk mengadakan acara RTM, mengingat kuliah dilakukan secara online sehingga ia punya banyak waktu di Rembang. Lain itu, ia mengungkapkan bahwa melalui RTF ia ingin mengedukasi anak-anak muda Rembang terkait aktivitas thrifting yang dinilainya berdaya guna. Khususnya dalam hal ekonomi kreatif.

Komentar