oleh

Tinggi Kalsium, Berikut 5 Manfaat Mengonsumsi Keju

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.comKeju merupakan salah satu makanan yang popular di kalangan masyarakat. Keju bisa dikonsumsi sebagai pendamping makan berat, camilan, maupun lauk pauk.

Tak sedikit orang yang menyukai keju karena kelezatan cita rasa khasnya. Namun, terdapat pula beberapa orang yang memilih menghindari konsumsi keju sebab alasan tertentu.

Bpkad Pati

Keju menawarkan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Pasalnya, keju mengandung sumber kalsium yang baik bagi tubuh.

Kalsium merupakan nutrisi utama untuk kesehatan tulang dan gigi, pembekuan darah, penyembuhan luka, dan menjaga tekanan darah normal.

Berikut ini lima manfaat keju bagi kesehatan.

  1. Kesehatan tulang

Kandungan kalsium, protein, magnesium, seng, dan vitamin A, D, dan K dari keju baik untuk perkembangan tulang yang sehat pada anak-anak dan remaja. Selain itu, kalsium dalam keju juga baik untuk pencegahan osteoporosis.

  1. Kesehatan gigi

Keju dapat meningkatkan kesehatan gigi. Kalsium memainkan peran penting dalam pembentukan gigi dan keju adalah sumber kalsium yang baik.

Baca Juga :   Gejala Awal Diabetes yang Tak Disadari

Selain itu, setidaknya satu penelitian telah menunjukkan bahwa makan keju dapat meningkatkan tingkat pH pada plak gigi, menawarkan perlindungan terhadap gigi berlubang.

  1. Tekanan darah

Statistik menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak keju memiliki tekanan darah lebih rendah, meskipun beberapa keju kaya akan lemak dan natrium. Kalsium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Keju rendah lemak dan rendah sodium sangat direkomendasikan. Beberapa di antaranya adalah keju cottage, keju ricotta, parmesan, feta, keju kambing, dan keju krim rendah lemak.

  1. Pembuluh darah yang sehat

Beberapa keju mengandung kadar kolesterol dan natrium yang tinggi.

Hal ini menunjukkan bahwa mereka dapat menyebabkan masalah kardiovaskular. Namun, pada tahun 2014, para peneliti menyimpulkan bahwa produk susu bisa menjadi sumber antioksidan glutathione yang baik. Antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan otak untuk mencegah degenerasi saraf yang berkaitan dengan usia.

Baca Juga :   Kasus Baru, Pasien Covid-19 Alami Gangguan Pendengaran

Pada tahun 2016, para ilmuwan juga menemukan bahwa sifat antioksidan keju dapat melindungi tubuh terhadap efek negatif natrium, setidaknya, dalam jangka pendek. Dalam studi tersebut, pembuluh darah partisipan yang mengonsumsi keju susu berfungsi lebih baik.

  1. Mikrobiota usus dan kolesterol

Sebagai makanan fermentasi, keju dapat membantu meningkatkan bakteri usus yang sehat. Ini bisa memiliki efek positif pada kadar kolesterol darah, menurut sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada tahun 2015.

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait