oleh

DLH: RTH di Pati Jauh Melebihi Ketentuan

Pati, Mitrapost.com – Penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) diatur dalam Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang tata ruang. Kabupaten/Kota harus menyediakan 30 persen RTH. Khusus di Kabupaten Pati sudah jauh melebihi aturan tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati, Tulus Budiharjo. Ia mengatakan bahwa presentasenya jauh dari aturan tersebut.

“Kalau buat perkotaan mungkin kurang dari 30 persen, karena ruang atau tempatnya terbatas, kemudian kepadatan penduduk cukup tinggi. Itu yang menjadi permasalahan,” jelasnya kepada mitrapost.com saat ditemui di kantornya belum lama ini.

Ia melanjutkan, Kabupaten Pati merupakan wilayah yang cukup luas dengan kepadatan penduduk yang belum padat, sehingga RTH di Pati sudah cukup jauh melampaui aturan tentang tata ruang.

Baca Juga :   Persipa Sukses ke Liga 2, Pemkab Siapkan Persipa Junior

“Kalau ditanya tentang RTH Pati ini berapa, sebetulnya kita tidak ada masalah dengan RTH. Karena RTH Pati tidak hanya di perkotaan saja, desa juga masuk dalam hitungan,” jelasnya.

Lebih lanjut, RTH ada dua bagian yakni RTH publik dan private. RTH private sesuai aturan harus menyediakan minimal 10 persen dari tanah yang mereka punya.

“Apabila kita hitung dengan ketentuan itu, sebetulnya kita sudah mencukupi RTH private. Karena setiap instansi pemerintah sampai perusahaan pasti ada RTH,” sambungnya.

Keberadaan RTH sangat dibutuhkan untuk mengimbangi pembangunan kawasan. Ada sejumlah manfaat RTH yang didapatkan yakni pengendalian pencemaran udara, kerusakan tanah dan air, serta sebagai perlindungan plasma nutfah dan keanekaragaman hayati. (*)

Baca Juga :   DLH Pati Beri Bantuan Sarpras Untuk Daur Ulang Sampah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com . Mari bergabung di Grup Telegram "Mitrapostcom_Official", caranya klik link https://t.me/Mitrapostcom_Official, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar

Berita Terkait