Perhatikan Asupan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes

Baca juga: Petik Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Makanan dianggap memiliki indeks glikemik rendah bila memiliki skor di bawah 55. Sedangkan makanan dengan skor di atas 70 sudah termasuk memiliki indeks glikemik yang tinggi dan harus dihindari oleh penderita diabetes. Makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa berupa makanan olahan, makanan tinggi gula, pati, minuman beralkohol, pasta, sayuran mengandung zat tepung.

Mengonsumsi makanan rendah kabohidrat terbukti dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan kesehatan tubuh pada penderita diabetes. Melansir Kompas.com, Kamis (3/9/2020) berdasarkan data American Diabetes Association, mengetahui berapa banyak jumlah karbohidrat yang harus dikonsumsi memerlukan pemeriksaan khusus dengan mengukur gula darah sebelum dan setelah satu hingga dua jam usai makan.

Baca Juga :   Cara Penting Menjaga Kesehatan Seksual dan Organ Reproduksi pada Remaja

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Hingga Kecantikan

Kadar gula darah yang normal harus mencapat 139 mg/dl. Selain itu, ada waktu-waktu tertentu yang bisa membuat gula darah meningkat. Itu sebabnya, penting bagi kita untuk mengukur kadar gula darah sesering mungkin guna menerapkan batasan karbohidrat yang harus kita konsumsi. Jika Anda menggunakan insulin atau mengonsumsi obat diabetes, konsultasikan pada dokter untuk memastikan dosis asupan karbohidrat yang tepat.