Awal Mula Zionisme Kuasai Israel

Dikutip dari Jewish Virtual Library, kongres Zionis Pertama disebut Herzl sebagai sebuah parlemen simbolis bagi mereka yang bersimpati pada pelaksanaan tujuan-tujuan politik Zionis. Awalnya kongres tersebut diadakan di Kota Munich, namun ditentang oleh oposisi Yahudi lainnya.

Kemudian pihaknya berpindah ke Kota Basel Swiss untuk menyelenggarakan kongres perdananya, tepatnya di aula konser Casino Muncipal. Kongres diadakan pada 29-30 Agustus 1897.

Terdapat 200 orang yang datang dari 17 negara di kongres tersebut. Sayangnya, pada kongres pertama ini perempuan yang berpartisipasi juga tidak diberi hak suara.

Mereka merumuskan Program Basel yang mengandung 4 butir manifesto dasar-dasar Zionisme dan pengesahan Organisasi Zionis itu sendiri. Salah satu misi gerakan ini adalah mendirikan sebuah rumah bagi orang-orang Yahudi di Eretz Israel (Tanah Israel).

Baca Juga :   Imbas Dukung Palestina, Emma Watson Dikecam Dubes Israel

Kemudian, Hatikvah yang liriknya ditulis oleh Naftali Herz Imber ditetapkan sebagai lagu nasional kebangsaan sejak 1878.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati