Awal Mula Zionisme Kuasai Israel

Pada peralihan ke abad ke-20, kekerasan terhadap komunitas Yahudi Eropa tengah merebak. Salah satunya adalah serangan terhadap Komunitas Yahudi Kishinev pada 6 April 1903.

Serangan ini makin menguatkan gelombang pandangan akan perlunya negara Israel modern untuk menghadapi gelombang anti-semit.

Berdasarkan Center for Religion and Geopolitics, gagasan migrasi Yahudi menuju Uganda tak berasal dari pemikiran murni Herzl, melain kan usulan dari menteri urusan kolonial Inggris, Joseph Chamberlain pada 1902.

Saat itu, Herzl meyakinkan Chamberlain untuk mengizinkan adanya pemukiman Yahudi di Siprus atau daerah Sinai sebagai solusi sementara bagi orang-orang Yahudi.

Keduanya bertemu lagi pada April 1903, Chamberlain mengajukan proposal tentang pemukiman Yahudi di Afrika Timur seluas 15.500 kilometer persegi, yang saat itu berada di bawah kekuasaan kolonial Inggris.

Baca Juga :   Imbas Dukung Palestina, Emma Watson Dikecam Dubes Israel

Mulanya Herzl menolak usulan tersebut. Namun rencana bermukim di Sinai tidak direstui Inggris. Selain itu, Herz juga menjaga hubungan baik antara gerakan Zionis dengan Inggris yang dipandang bisa membantu memberi solusi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati