Awal Mula Zionisme Kuasai Israel

Inggris segera membantu mengurus segala keperluan pembentukan pemukiman Yahudi di Afrika Timur. Diketahui daerah tersebut memiliki otonomi sendiri.

Segala persiapan beserta surat-surat pendukung dan restu dari Inggris kemudian dibawa Herzl ke Kongres Zionis Keenam hingga menimbulkan reaksi keras dari kubu penentang yang menganggap usul Herlz sangat berlawanan dengan dasar Zionisme.

Perpecahan terjadi, Organisasi Teritori Yahudi (ITO)  memisahkan diri dari Organisasi Zionis. Kelompok ini tumbuh dipimpin oleh Yahudi Inggris bernama Israel Zangwill. Mereka memiliki pandangan bahwa pemukiman Yahudi boleh berada di berbagai belahan dunia, tidak merujuk pada suatu tempat yang spesifik dan tak bisa diubah.

Peristiwa penembakan yang menewaskan Max Nordau, wakil presiden Organisasi Yahudi sekaligus orang kepercayaan Theodor Herzl merupakan aksi perlawanan berdarah yang paling diingat dari penentangan proposal Uganda.

Baca Juga :   Imbas Dukung Palestina, Emma Watson Dikecam Dubes Israel

Dalam sebuah perayaan Hanukkah di Paris pada 19 Desember 1903, seorang pemuda bernama Zelig Louban menembak Nordau sambil berteriak “Matilah kau Nordau, Afrika Timur.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati