oleh

Hari Jantung Sedunia, Jaga Kesehatan Jantung dengan Konsumsi Makanan Berikut Ini

Mitrapost.com – Tepat hari ini, Selasa (29/9/2020) masyarakat dunia memperingati Hari Jantung Sedunia.

Perayaan Hari Jantung Sedunia dapat menjadi refleksi bagi kita untuk lebih peduli dengan kesehatan jantung. Jantung memiliki peran besar dalam tubuh manusia. Oleh karenanya, kita perlu memperhatikan risiko yang dapat menyerang kesehatan jantung dengan menjaga pola makan yang sehat.

BPKAD Pati

Baca juga: Peduli Lingkungan, Pengusaha Kain Ini Manfaatkan Warna Alam

Banyak makanan yang menyehatkan bagi jantung. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang dapat memelihara kesehatan jantung.

  1. Buah beri

Buah beri di antaranya stroberi, blackberry, raspberi, dan blueberry. Buah-buahan ini mengandung molekul antioksidan, seperti antosianin yang dapat melawan inflamasi dan tekanan oksidatif pemicu penyakit jantung.

Baca juga: Manfaat Rebung yang Patut Kamu Ketahui

Selain itu, sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Nutrition Research menemukan, rutin meminum jus stroberi dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Studi ini dilakukan dengan melibatkan 27 orang dewasa yang menderita sindrom metabolik (kombinasi dari berbagai gangguan medis yang meningkatkan risiko penyakit jantung).

  1. Apel merah

Apel merah memiliki kandungan kuersetin yang merupakan agen inflamasi dan dapat mencegah gumpalan darah. Selain memiliki kuersetin, apel juga mengandung jenis serat yang larut dalam air, sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat. Tak sampai di situ, senyawa polifenol pada apel, flavonoid epikatekin, berpotensi menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi yang juga dapat memicu risiko penyakit jantung.

  1. Alpukat

Buah dengan kulit berwarna hijau ini mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang tergolong sebagai jenis lemak baik. Lemak tak jenuh merupakan jenis lemak yang disarankan untuk mencukupi kebutuhan lemak kita. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal juga dapat menurunkan kolesterol jahat, yang juga dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Baca juga: Mempunyai Kandungan Kaya Nutrisi, Beragam Manfaat Tauge Bagi Kesehatan

  1. Ikan berlemak baik

Ikan makerel, salmon, sarden dan tuna merupakan kelompok ikan, yang mengandung asam omega 3. Omega 3 merupakan sejenis lemak yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Ilmuwan juga membuktikan, mengonsumsi ikan dalam jangka panjang, dipercaya mampu menurunkan berbagai faktor risiko penyakit jantung. Misalnya, tekanan darah, kadar trigliserida, dan kolesterol.

  1. Cokelat hitam

Cokelat hitam Tak hanya buah dan sayuran yang menjadi makanan untuk kesehatan jantung. Cokelat hitam, yang mungkin menjadi kegemaran hampir semua orang, juga dapat melindungi jantung.

Baca juga: Perlu Diketahui, Inilah Manfaat Kayu Manis

Salah satu senyawa dalam cokelat hitam, yakni flavonoid, memiliki sifat antioksidan, untuk meningkatkan kualitas kesehatan jantung. Berbagai studi telah membuktikan khasiat coklat hitam, seperti menurunkan risiko penyakit jantung coroner, serta mengurangi plak pada pembuluh darah. Tentunya, manfaat ini didapatkan jika kita tidak mengonsumsinya berlebihan. Pilihlah cokelat hitam berkualitas tinggi, yang mengandung setidaknya 70% kakao.

  1. Tomat

Buah tomat kaya dengan likopen, yaitu pigmen alami tumbuhan yang juga berperan sebagai molekul antioksidan. Selain itu, para ilmuwan juga menemukan bahwa buah sayur ini juga dapat menurunkan penyakit jantung, penyakit stroke, serta meningkatkan kolesterol baik di tubuh.

Baca juga: Petik Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

  1. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya membantu menyedapkan masakan. Selama berabad-abad, tanaman ini sudah dikenal memiliki khasiat medis. Salah satu kandungan bawang putih yang menyehatkan adalah alicin.

Dalam sebuah studi yang dimuat di Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences, ditemukan bahwa bawang putih membantu menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Tips Memotong Bawang Agar Peroleh Manfaat yang Maksimal

Studi lain yang dirilis dalam Nutrition Reviews juga membuktikan, bawang putih dapat mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol jahat.

Itulah makanan yang dapat menyehatkan jantung kita. Tentunya untuk mendapatkan tubuh sehat perlu mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang dengan menu yang bervariasi.

Selain makanan di atas, kita juga bisa menjaga kesehatan dengan menghindari merokok, tidak mengonsumsi alkohol, dan juga melakukan olahraga secara teratur.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait