Megengan, Tradisi Sambut Bulan Ramadan Ala Masyarakat Jawa

Menurutnya, acara ini sangat penting untuk mengenalkan keistimewaan bulan suci Ramadan kepada anak-anak. Lantaran Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat kepada umat yang menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: Sambut Bulan Ramadan, 3 Amalan Malam Nisfu Syaban

Selain itu, acara ini patut dilestarikan agar generasi milineal tidak lupa dan meninggalkan tradisi yang sudah berumur ratusan tahun ini.

Tokoh Masyarakat Pagerharjo, Nur Muhlisin mengatakan, hampir seluruh daerah di nusantara memiliki tradisi yang berbeda dalam menyambut bulan Ramadan. Khusus di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, biasa menggelar Megengan.

Hanya saja, katanya, setiap daerah memiliki cara yang masing-masing berbeda dalam melangsungkan Megengan. Di Pagerharjo, Megengan sejak dahulu dikemas seperti kenduri dengan bacaan tahlil dan kalimat toyibah.

Baca Juga :   Bahaya, Kakak Bisa Jadi Perawan Tua Bila Adiknya Menikah duluan

“Paling dibacakan tahlil, kalimat toyibah, dimasyarakat kita sudah biasa. Tidak ada doa khusus. Ini beda dengan peringatan Nisfu Syaban, beda lagi,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati

Komentar